Detail Berita

BI CORNER DPKD KALTIM MENDAPATKAN PENGHARGAAN

Selasa, 18 Desember 2018

SAMARINDA,dpkd – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim mendapatkan penghargaan atas program layanan BI corner yang di fasilitasi oleh Bank Indonesia. Penghargaan diberikan kepada 12 (dua belas) sekolah/lembaga yang melakukan pengelolaan BI Corner terbaik tingkat nasional untuk kategori Perguruan Tinggi, SMA/sederajat, Pojok Baca dan Dongeng PAUD (PBD), dan umum.

Penghargaan juga diberikan kepada BI Corner terbaik di 9 (sembilan) pulau di wilayah Indonesia yang meliputi Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

Layanan BI Corner Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi Juara Terbaik 2 kategori Perpustakaan Umum dan juga meraih Peringkat I terbaik Regional Pulau Kalimantan. Penghargaan BI Corner Award 2018 diberikan langsung oleh Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara kepada Prof. Dr. H. M. Aswin. MM, kepala DPKD Prov. Kaltim yang didampingi Kepala Kantor Perwakilan BI Kaltim, Muhammad Nur, di Museum Bank Indonesia, Jl. Pintu Air Utara Nomor 3, Jakarta (17/12).

Kompetisi BI Corner Award 2018 diikuti sebanyak 471 BI Corner dan 183 PBD. BI Corner Award 2018 merupakan kompetisi pertama yang diselenggarakan BI dan rencananya akan diselenggarakan secara rutin tiap tahun. Selain untuk memberikan apresiasi kepada sekolah/lembaga yang memiliki komitmen dalam mengelola BI Corner, penghargaan diberikan untuk meningkatkan kebermanfaatan dan keberlanjutan program (sustainibility), dan mendorong aktivitas BI Corner di masing-masing sekolah/lembaga dalam melakukan sosialisasi dan edukasi pelaksanaan tugas BI.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah Provinsi Kalimantan Timur secara resmi mendapatkan bantuan fasilitas BI Corner pada tanggal 10 Agustus 2015 yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Demawan Wintarto Martowardojo di Balikpapan bersamaan dengan penyerahan bantuan yang sama bagi STIE Madani Balikpapan dan STIKOM Balikpapan. 

Sudut Baca Bank Indonesia (BI Corner) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur berlokasi di ruang layanan Lantai 3 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur di Jalan Ir. H. Juanda No. 4 Samarinda, Kalimantan Timur.

BI Corner merupakan salah satu media BI berkomunikasi dengan masyarakat. Program BI Corner telah diinisiasi oleh Bank Indonesia sejak tahun 2015 sebagai bagian dari tema unggulan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yaitu Indonesia Cerdas. Program yang digagas BI ini diwujudkan dalam bentuk pembangunan sarana perpustakaan mini dengan desain yang menarik dan nyaman, serta menyediakan akses informasi dan literatur berkualitas, baik dalam bentuk cetak maupun e-book dari dalam dan luar negeri. Saat ini telah dibangun 721 BI Corner, termasuk 250 BI Corner yang dibangun tahun 2018, serta 183 PBD di seluruh Indonesia. BI menargetkan jumlah BI Corner mencapai 1.000 di seluruh level pendidikan dan fasilitas publik strategis hingga tahun 2020.

Undang Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan mengamanatkan bahwa program pembinaan dan pengembangan budaya baca masyarakat merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah memiliki keterbatasan untuk menangani secara penuh program pengembangan budaya baca sehingga diperlukan peran dan partisipasi masyarakat, termasuk dalam hal ini ,Bank Indonesia merupakan salah satu lembaga yang dinilai memiliki perhatian dan komitmen yang sangat luar biasa dan telah lama berjuang dalam mendukung program pengembangan budaya baca masyarakat.(*)