Detail Berita

RAKORNIS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR 2018

Kamis, 08 Maret 2018

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Koordinasi Teknis (RAKORNIS) Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018, 6 – 7 maret 2018. Dengan mengangkat tema “Otomasi Perpustakaan dan Kearsipan Mewujudkan Peningkatan Budaya Baca dan Tertib Arsip di Kalimantan Timur”, DPKD Kaltim berupaya mengkoordinasikan dan mengsinkronisasikan strategi dan kebijakan pengembangan sistem otomasi perpustakaan dan kearsipan di Kalimantan Timur,

Dikarenakan Dewasa ini masyarakat pengguna informasi menghendaki unit unit pengelola informasi seperti perpustakaan dan lembaga kearsipan dapat menjadi right infomation, righ user dan right now, artinya perpustakaan dan lembaga kearsipan dituntut untuk memberikan pelayanan informasi yang tepat, pada pengguna yang tepat dan dalam waktu yang tepat. Untuk dapat mengikuti dinamika dan tuntutan masyarakat tersebut, perpustakaan dan lembaga kearsipan harus dapat menghadirikan dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam pengelolaan perpustakaan dan kearsipan dengan mengimplementasikan sistem otomasi perpustakaan dan kearsipan (migrasi dari mySipisis ke inlislite), Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), Sistem Informasi Kearsipan nasional (SIKN)/jaringan Informasi kearsipan nasional (JIKN). Dilakukan pembinaan, pengawasan melalui penggunaan aplikasi pengawasan dan monitoring evaluasi baik internal maupun eksternal.

Kegiatan RAKORNIS disambut baik dan antusias tinggi oleh peserta – peserta dari OPD dan LKD Kabupaten Kota, oleh karena itu para peserta rakornis berkomitmen mendukung upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dalam pengembangan dan pembinaan implementasi sistem otomasi perpustakaan dan kearsipan di wilayah Kalimantan Timur.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur secara sistematis akan berupaya dan mendorong  terwujudnya pengelolaan dan pelayanan perpustakaan dan kearsipan berbasis otomasi di wilayah Kalimantan Timur, dan juga mewujudkan penyelenggaraan pelayanan dibidang perpustakaan dan kearsipan yang semakin berkualitas. (son/bay/dpkd)