Detail Berita

Sajikan Laporan Keuangan dengan Standar Tertinggi Kaltim Raih Penghargaan Menteri Keuangan

Jumat, 15 Desember 2017

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim menerima penghargaan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia atas Laporan Keuangan tahun 2016 dengan capaian Standar Tertinggi. Penghargaan diserahkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Kanwil Ditjen) Perbendaharaan Kaltim Midden Sihombing pada penyerahan DIPA, Alokasi Anggaran SKPD, Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa di Pendopo Lamin Etam, Rabu (13/12).

 

Menurut Midden, penghargaan diberikan pemerintah atas keberhasilan Pemprov Kaltim dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016. “Kaltim dalam tahun 2016 untuk laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) selama tiga tahun berturut-turut dari BPK,” katanya.

 

Capaian tersebut ungkapnya, merupakan prestasi yang luar biasa dan menunjukan komitmen serta kesungguhan pemerintah daerah dalam mengelola keuangan negara. Midden mengakui upaya yang dilakukan Kaltim untuk mempertahankan WTP yang menjadikan Kementerian Keuangan menghargainya dan memberikan penghargaan.

 

Sebab ujarnya, bukanlah hal mudah untuk mempertahankan WTP yang telah diperoleh sebanyak tiga kali berturut-turut sejak tahun 2014. Pemerintah berharap penghargaan yang diterima pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota mampu meningkatkan kinerja tata kelola keuangan negara.

 

“Penghargaan ini diharapkan mampu memotivasi daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota untuk meingkatkan kinerja pengelolaan keuangan negara,” harapnya. Sementara itu Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak sangat bersyukur atas perolehan penghargaan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati tersebut.

 

“Penghargaan ini adalah prestasi kinerja yang telah dilakukan sekaligus tantangan tersendiri bagi kami. Jujur saja, memperolehnya mungkin lebih mudah mungkin tapi mempertahankannya pasti lebih sulit,” ujar Awang Faroek Ishak. Dia menambahkan jajarannya telah berkomitmen dalam pengelolaan keuangan negara secara transparan serta efektif dan efesien sesuai kebutuhan dan peruntukannya. Selain Kaltim juga diberikan penghargaan kepada pemerintah daerah dengan kinerja terbaik atas penyaluran DAK Fisik tahun anggaran 2017.

 

Penghargaan kepada satuan kerja dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik dan penghargaan dengan kategori kepatuhan dan ketelitian, kategori penyerapan anggaran belanja barang dan kategori penyerapan anggaran belanja modal.

 

Juga diberikan piagam penghargaan kepada bupati dan kepala desa dalam hal penyetoran pajak terbaik se-Kaltim dan anugerah kategori pengelolaan barang milik negara terbaik. Anugerah kategori penatausahaan barang milik negara terbaik dan kategori kontribusi nilai manfaat ekonomi terbaik. Anugerah kategori sertifikasi barang milik negara terbaik dan kategori khusus sinergi penyelesaian target sertifikasi barang milik negara. (yans/sul/ri/humasprov)