Detail Berita

Ajang Pustakawan Berprestasi Nasional 2017 : Purwanti, Pustakawan Asal DIY Raih Predikat Terbaik

Kamis, 14 September 2017

Jakarta—Setelah melalui berbagai tes dan presentasi, ajang pemilihan pustakawan berprestasi nasional 2017 akhirnya menahbiskan pustakawan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Purwanti Istiana, sebagai peringkat pertama Pustakawan Terbaik nasional 2017, pada ajang pemilihan Pustakawan Berprestasi Nasional yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional, Kamis, (17/8). Provinsi Jawa Timur dan Jawa Barat secara berurutan menempati peringkat kedua dan ketiga.

Keberhasilan Purwanti meraih predikat terbaik pada ajang pustakawan terbaik bukan tidak mudah. Terlebih, ia harus menyisihkan rekan 29 seprofesinya dari berbagai provinsi. Purwanti, dinilai tim juri yang diketuai oleh Pustakawan Utama Perpusnas, Supriyanto, cakap dan menguasai bermacam ujian dan materi presentasi yang disajikan.

Atas prestasi tersebut, Purwanti berhak mendapatkan trophy, piagam penghargaan, uang tunai, dan kesempatan mempresentasikan makalah pada Seminar Ilmiah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) di Yogyakarta, Oktober 2017.

Saat ini persaingan di era global mengharuskan kualitas sumber daya pustakawan yang profesional dan siap berkompetisi dalam dunia internasional. Keberhasilan perpustakaan sangat bergantung kepada pustakawannya, pustakawan dituntut untuk memberikan layanan prima dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, meskipun dengan jumlah pustakawan yang terbatas,” ujar Kepala Pusta Pustakawan, Opong Sumiati.

Berikut nama-nama penerima penghargaan Pustakawan Terbaik Nasional 2017 :

Harapan III     : Ir. Rr. Endang Sri (DKI Jakarta)

Harapan II       : Julianto (Bengkulu)

Harapan I        : Diah Nugraheni (Jawa Tengah)

Juara III          : Jeng Ayu Ning Tyas (Jawa Barat)

Juara II            : Khusaeri (Jawa Timur)

Juara I             : Purwanti Isnaini (DI Yogyakarta)

 

Reportase : Hartoyo Darmawan