Detail Berita

Launching “Awang Faroek Corner” di IAIN

Kamis, 30 Maret 2017

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak  mengatakan di era globalisasi dewasa ini, perkembangan teknologi dalam memberdayakan peran perpustakaan sudah merupakan kebutuhan. Era perpustakaan digital (e-library) sangat penting dan perlu disikapi secara positif.  

"Kemudahan akses masyarakat ke perpustakaan melalui internet, perlu direspon dan terus dikembangkan. Melalui pelayanan dan kemudahan akses, masyarakat akan lebih tertarik mengunjungi perpustakaan. Minat berkunjung ke perpustakaan, akan mempercepat proses menuju bangsa yang cerdas dan berbudaya ilmiah," kata Awang Faroek Ishak saat melaunching Awang Faroek Corner di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, Rabu (29/3). 

Dikatakan, pemahaman bahwa perpustakaan digital bukan merupakan satu entitas tunggal perpustakaan, melainkan merupakan suatu organisasi, asosiasi atau jaringan kerjasama yang terdiri dari atas lebih dari satu perpustakaan.  

Untuk itu, perpustakaan digital memerlukan teknologi untuk menghubungkan banyak resource, perpustakaan dan pelayanan informasi yang berorientasi pada kepuasan pengguna. Hubungan antar anggota perpustakaan digital bersifat transparan dengan  tujuan untuk menyediakan akses dan pelayanan informasi secara universal. 

Perpustakaan digital tidak hanya berfokus pada implementasi layanan perpustakaan dengan sistem komputerisasi, akan tetapi perpustakaan digital juga dimaknai dengan penyediaan koleksi dalam format digital berupa e-book dan koleksi VCD/DVD. 

"Layanan akses internet dan juga akses databse on-line terutama jurnal ilmiah dan juga content local berupa naskah kuno dan cerita rakyat dalam format digital yang dapat diakses secara online," ujarnya.

Untuk mendukung upaya pengembangan perpustakaan digital di perguruan tinggi, khususnya di IAIN Samarinda dan di seluruh Kaltim pada umumnya, maka diharapkan pengelola perpustakaan dapat bergabung dalam forum kerjasama perpustakaan.  

Jika perpustakaan digital IAIN Samarinda telah memiliki infrastruktur yang baik, maka hendaknya  mulai merintis proses digitalisasi koleksi-koleksi khas perpustakaan dalam rangka membangun content local pada situs perpustakaan digital IAIN Samarinda. 

"Tim IT perpustakaan digital IAIN Samarinda kiranya terus melakukan inovasi-inovasi untuk mendorong pengembangan perpustakaan digital," pesan Awang Faroek.

Terakhir berkenaan dengan launching "Awang Faroek Corner", Gubernur memberikan apresiasi yang tinggi pada IAIN Samarinda. Diharapkan keberadaan ”Awang Faroek Corner” akan memberikan banyak manfaat, khususnya informasi tentang buah pikir, gagasan dan ide-ide Gubernur yang tertuang pada sejumlah buku dan karya-karya ilmiah, sekaligus melengkapi koleksi perpustakaan IAIN Samarinda.

"Diharapkan Awang Faroek Corner akan banyak dikunjungi para dosen dan mahasiswa maupun masyarakat lain pada umumnya yang membutuhkan bahan informasi sesuai dengan keperluan masing-masing,"  kata Awang Faroek Ishak. (mar/sul/es/humasprov)