Detail Berita

Budayakan Kegemaran Membaca Melalui Lomba Bercerita

, 18 November 2017

SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim terus mendorong peningkatan minat baca masyarakat yang dimulai dari usia dini. Salah satu upaya yang efektif dilakukan DPK yakni menggelar Lomba Bercerita untuk jenjang pendidikan siswa sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) se-Kaltim. “Upaya kita membudayakan kegemaran membaca sejak usia dini melalui lomba bercerita dan kegiatan ini rutin setiap tahun  digelar,” kata Kepala DPK Kaltim HM Aswin didampingi Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Sumindar.

Menurut dia, pembudayaan kegemaran membaca guna meningkatkan minat baca sangat penting dalam mendukung peningkatan taraf hidup dan daya saing masyarakat. Apalagi lanjutnya, pemerintah terus berupaya mewujudkan smart city (kabupaten/kota cerdas) bahkan smart provincy (provinsi cerdas) sangat terkait dengan budaya membaca. Aswin mengakui selama ini masyarakat masih beranggapan membaca hanya terkait bidang pendidikan di sekolah ataupun perguruan tinggi.

 

Padahal ujarnya, membaca tidak mesti di sekolah atau bangku kuliah tetapi aktivitas yang wajib dilakukan siapa saja dan dimana saja. Sebab melalui membaca jelasnya, tentu akan terbuka wawasan dan semakin bertambah ilmu pengetahuan seseorang terhadap sesuatu maupun informasi. Diakuinya tingkat membaca masyarakat Kaltim bahkan Indonesia masih rendah dibanding negara lain termasuk sesama negara ASEAN seperti Malaysia, Thailand dan Philipina. “Upaya mendorong pembudayaan kegemaran dan minat baca masyarakat bukan semata tanggungjawab pemerintah dan satuan pendidikan tetapi bagaimana masyarakat dan keluarga ikut berperan didalamnya,” harap Aswin.

 

Sementara itu pemenang Lomba Bercerita siswa SD/MI negeri dan swasta tingkat Kaltim dimenangkan Ryan Dzaky Fadillah siswa SD Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara1 Sangatta Kutai Timur. Disusul juara dua dan tiga diperoleh Alya Mutiasari siswi SDN 001 Balikpapan dan Meizha Nadzwa Riyadi Putri siswi SDN 007 Tanjung Redep Berau. Sedangkan Harapan satu dan dua diraih Gracesiella Gunawan siswi SD Kristen Sunodia Samarinda dan Nadia Putri Salzabila siswi SD 2 Yayasan Pupuk Kaltim Bontang. (yans/sul/ri/humasprov)